INFO DUKCAPIL

Dukcapil larang pengguna data sebar data pribadi penduduk

18 Oktober 2021

Dukcapil larang pengguna data sebar data pribadi penduduk

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), Zudan Arif Fakrullah dalam pernyataan resmi yang dikutip di Jakarta, Sabtu (16/10/2021) menyatakan, pihaknya tegas melarang seluruh lembaga pengguna hak akses verifikasi data kependudukan untuk berbagi-pakai data yang dilihat.
"Lembaga Pengguna atau lembaga yang mendapatkan data dari Kemendagri misalnya seperti KPU, dilarang membagikan kembali data pribadi penduduk kepada lembaga lain," kata Zudan dikutip GoNEWS.co, Sabtu.

Zudan mendorong seluruh lembaga pengguna tersebut untuk menerapkan apa yang disebut sebagai Zero Data Sharing Policy.

"Zero Data Sharing Policy dilakukan untuk menjamin tidak adanya berbagi-pakai data yang dilakukan lembaga pengguna dimana data yang disebarkan bersumber dari hak akses verifikasi data kependudukan Dukcapil," kata Zudan.

Dari pada melakukan tindakan pelanggaran tersebut, Zudan mendorong agar berbagai lembaga, khususnya lembaga swasta yang bergerak di sektor pelayanan publik, untuk langsung mengakses ke sistem Dukcapil. Hal itu dapat dilakukan dengan mekanisme perjanjian kerja sama pemanfaatan hak akses verifikasi data kependudukan

Sumber : https://www.gonews.co/berita/baca/2021/10/16/tegas-dukcapil-larang-pengguna-datanya-sebar-data-pribadi-penduduk

Share :