INFO DUKCAPIL

Pemusnahan Kepeing KTP el rusak dan invalid di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Sukoharjo

12 Pebruari 2019

Pemusnahan Kepeing KTP el rusak dan invalid di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Sukoharjo

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Kabupaten Sukoharjo pada Rabu (19/12/2018) siang memusnahkan sebanyak 14.416 keping KTP el yang tak terpakai maupun rusak dengan cara dibakar.

Ribuan keping KTP el yang dinyatakan rusak atau invalid tak terpakai lagi lantaran rekaman data yang ada didalamnya tidak bisa terbaca, baik secara kasat mata maupun secara digital. Jumlah KTP el rusak sebanyak itu merupakan hasil pengumpulan mulai awal dilaksanakannya program perekaman KTP el di seluruh wilayah Kabupaten Sukoharjo.

Sedangkan dasar dilakukannya pemusnahan sesuai perintah dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Surat Edaran (SE) bernomor 470.13/1176/SJ tentang penatausahaan KTP el rusak atau invalid.

Dari 4 hal dalam SE Kemendagri yang ditujukan kepada seluruh jajaran Kepala Daerah Kabupaten /Kota di Indonesia, salah satunya menyebut kepada Kepala Disdukcapil diminta untuk melakukan pendataan terhadap KTP el yang rusak atau invalid di wilayah masing – masing.

Jika dalam pendataan masih ada temuan KTP el rusak atau invalid maka diperintahkan harus dimusnahkan dengan cara dibakar. Sebelum dibakar KTP el tersebut telah digunting terlebih dahulu.

Share :